8 Tempat Kuliner Susu di Malang paling Terkenal

Memilih untuk pergi berwisata ke Malang akan memberikanmu banyak opsi destinasi yang bisa kamu pilih. Mulai dari wisata alam, pantai, sejarah, berbagai pilihan wisata modern seperti Jatim Park dan dan Museum Angkut, serta wisata kuliner dan wisata belanja yang bisa dengan mudah kita temukan di kota Malang maupun Kota Wisata Batu.

Ngomong-ngomong soal tempat kuliner di Malang, ada beberapa kedai yang cukup terkenal sebagai tempat nongkrong karena menawarkan minuman serba susu yang enak dan tempat yang asyik.

Bagi kamu yang kebetulan suka banget minum susu, sempatkan dirimu mampir ke 7 tempat kuliner susu di Malang paling terkenal ini. Selain cocok dikunjungi untuk menghilangkan dahaga, tempat kuliner serba susu ini tentunya juga menawarkan tempat yang nyaman untuk nongkrong.

Berbagai Manfaat Minum Susu

Tapi, sebelum kita ngomongin soal 7 tempat kuliner susu di Malang yang populer tersebut, saya tertarik untuk sedikit membahas mengenai beberapa manfaat minum susu, yang semoga bisa memberikan sedikit pengetahuan tambahan hingga kamu bisa memaksimalkan khasiatnya.

1. Susu adalah sumber nutrisi penting bagi tubuh

Nutrisi yang terkandung pada susu diantaranya adalah kalsium, protein, dan vitamin D. Karena itulah, susu sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi secara rutin setiap hari, setidaknya 1 gelas atau maksimal 3 gelas per hari.

Susu sendiri jenisnya bermacam-macam. Ada yang berasal dari sapi, domba, kambing, unta, dan hewan-hewan lainnya. Termasuk, ada juga susu kedelai, susu rami, dan susu almond. Oh ya, santan kelapa juga termasuk susu lho.

2. Jenis susu yang sehat untuk dikonsumsi

Susu yang dianggap sehat adalah susu yang telah dipasteurisasi, yang tinggi proteinnya, rendah lemak, dan bebas dari zat-zat tambahan seperti gula.

3. Manfaat minum susu

Manfaat Minum Susu untuk Kesehatan

a. Sumber nutrisi

Seperti yang telah disampaikan di atas, susu merupakan sumber nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan terutama kesehatan tulang dan gigi. Bahkan nih, beberapa produk susu ada yang ditambahkan nutrisi atau vitamin tertentu, sehingga bisa dijadikan sebagai minuman pelengkap untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

244 gram susu murni biasanya mengandung 3,5% hingga 3,8% lemak; 149 kalori; 7,7 gram protein; 205 mg fosfor; 322 mg potasium; dan 3,2 mikrogram vitamin D. Selain itu, susu juga mengandung kolin, magnesium, riboflavin, vitamin A, vitamin B6, vitamin B12, folat, dan beberapa nutrisi lainnya.

b. Kandungan kalsiumnya sangat bermanfaat untuk tubuh

Kalsium dibutuhkan oleh tubuh untuk:
  • Menjaga kesehatan tulang dan gigi atau untuk mendukung pertumbuhan/kepadatan tulang dan gigi
  • Membantu pembekuan darah dan mempercepat penyembuhan luka
  • Mempertahankan tekanan darah agar tetap normal
  • Mengendalikan kontraksi otot termasuk detak jantung
  • Menurut Office of Dietary Supplements (ODS), kalsium juga bisa membantu menurunkan resiko terkena kanker
Jika ingin kandungan kalsium pada susu bisa terserap dengan maksimal oleh tubuh, maka kita harus mengimbanginya dengan mengkonsumsi vitamin D. Untungnya, susu sudah mengandung vitamin D sehingga tingkat penyerapan kalsium oleh tubuh dari susu sangat efektif.

c. Bisa menguatkan ingatan atau mencerdaskan otak

Seperti yang telah disampaikan di atas, susu mengandung kolin yang bisa membantu menguatkan daya ingat, membantu pergerakan otot, dan juga memberikan suasana hati yang lebih baik.

Sebaliknya, kekurangan kolin bisa menyebabkan kerusakan otot dan hati.

d. Kandungan kalium bisa membantu mengurangi risiko berbagai penyakit berbahaya

Kalium adalah salah satu mineral yang terkandung di dalam susu. Manfaatnya untuk kesehatan--diantaranya adalah untuk mengurangi resiko terkena:
  • Penyakit jantung
  • Stroke
  • Tekanan darah tinggi
  • Kehilangan massa otot
  • Penurunan kepadatan tulang
  • Batu ginjal

4. Manfaat susu yang lainnya

  • Membentuk, menumbuhkan, dan perbaikan tulang
  • Mencegah Osteoporosis, osteomalasia, dan rakhitis
  • Meningkatkan kesehatan jantung
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Sumber antioksidan
  • Mencegah depresi
  • Menurunkan berat badan dan membangun otot

8 Kedai Serba Susu di Malang ini Cocok Jadi Tempat Nongkrong


Mencari tempat nongkrong tidak melulu harus warung kopi atau cafe yang menyediakan berbagai jenis minuman berbahan kopi dan sejenisnya. Khusus buat kamu yang tidak begitu suka minum kopi atau ingin mencoba sesuatu yang baru, kamu bisa mengunjungi 7 tempat nongkrong di Malang yang menawarkan kuliner serba susu berikut ini.

1. Milkindo Green Farm di Kepanjen, Malang

Taman Kelinci Milkindo Green Farm Malang

Tak hanya bisa menikmati susu segar yang masih murni, di sini kita juga bisa berwisata dan belajar bagaimana caranya memerah susu, memproduksi susu segar, hingga membuat yogurt dan berbagai macam pupuk alami untuk tanaman organik.

Milkindo, bukan sekedar tempat nongkrong yang cozy dan menarik, tapi juga akan memberikan kamu banyak pengetahuan yang pasti akan berguna dan bisa kamu manfaatkan setibanya di rumah nanti. Karena itulah, saya merekomendasikan tempat ini sebagai tujuan wisata kuliner Malang di urutan pertama.

Milkindo juga menyediakan wisata Taman Kelinci serta playground sehingga, destinasi wisata di Malang ini sangat cocok untuk tujuan liburan keluarga, liburan akhir pekan, atau liburan-liburan singkat lainnya.

Harga tiket masuk Milkindo Green Farm Kepanjen hanya Rp10.000 per orang. Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp10.000, kamu tidak hanya bisa dan boleh menikmati wisata edukasi ini seharian penuh, tapi juga akan mendapatkan bonus 1 botol susu segar dan beberapa fasilitas lainnya.

Jika mau, kamu bisa mengeluarkan biaya tambahan sebesar Rp5.000 untuk memancing ikan lele. Kalo dapat, ikan lele bisa langsung dimasak di sana atau dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

2. Warsu (Warung Susu) di Jl Bunga Coklat, Lowokwaru

Warsu (Warung Susu) Jalan Bunga Coklat, Lowokwaru Malang

Buat kamu para pencinta susu, kamu wajib datang ke WARSU (Warung Susu) yang ada di Jl Bunga Coklat, No 26, Kelurahan Tulusrejo, Lowokwaru.

Alamat tersebut sebenarnya nggak penting-penting amat, mengingat kamu pasti bisa langsung menemukan tempat ini jika berbekal Google Map.

Berbicara soal WARSU yang dikenal sebagai tempat menikmati berbagai olahan susu paling lengkap dan keren di Malang, kita juga pasti akan ngomongin soal daftar menunya yang sedikit aneh dan tidak lazim. Saya katakan sedikit aneh karena nama-nama yang disematkan untuk menu susu yang disajikan terdengar asing dan membuat kita bertanya-tanya.

Sebenarnya, bukan hanya namanya saja yang bikin kita mengerutkan kening, tapi olahan susu yang ada di sini juga memang bisa membuat kita penasaran. Contohnya, di sini ada ada kuliner mie kuah susu. Ya! Menu makanan yang satu ini memang diolah dan dimasak menggunakan susu. Bahkan, menu yang satu ini masih mendapatkan topping berupa keju yang membuat rasanya jadi semakin gurih.

Meski demikian, kafe yang menawarkan konsep semi outdoor ini tetap menyediakan menu-menu yang familiar dan sering kita temukan, seperti kopi susu yang ditambahkan topping Oreo, milkshake, banana split, es krim vanila, dan masih banyak pilihan minuman enak dan segar yang lainnya.

Di samping menu susu, tempat kuliner di Malang ini juga menawarkan berbagai pilihan menu makanan yang tentu bisa mengenyangkan. Seperti nasi goreng, chicken steak, teriyaki, hingga mochi dan aneka rupa snack.

3. First Milk N Yogurt di Taman Bukit Sari Estate

First Milk N Yogurt di Taman Bukit Sari Estate Malang

Lokasi Taman Bukit Sari Estate Malang dekat dengan Taman Krida Budaya Jawa Timur, tidak jauh dari Universitas Widyagama Malang, serta dekat juga dari Carrefour Blimbing. Dengan kata lain, tempat kuliner First Milk N Yogurt berada di pusat kota sehingga cukup mudah untuk dijangkau dan ditemukan.

Selain aksesnya yang mudah, tempat kuliner yang satu ini menawarkan tempat yang cozy dan cukup luas. Bahkan, tersedia smoking room di lantai atas. Bagi kamu yang menginginkan suasana yang lebih rileks atau santai, maka duduk di lantai atas adalah pilihan tepat.

Sedangkan di lantai dasar, ini adalah tempat utama di mana kita bisa menikmati suasana yang segar dan sejuk dengan tampilan yang instagramable.

Bagaimana dengan menu yang tersedia di tempat nongkrong terkenal di Malang ini?

Jangan khawatir, hampir semua menu yang ditawarkan di sini, mulai dari berbagai olahan susu yang menjadi sajian utama, hingga berbagai menu makanan terkenal enak dan lezat ditawarkan dengan harga yang ramah kantong.

FIRST Milk N Yogurt buka mulai pukul 13:00 hingga pukul 23:00 malam. Sejumlah menu yang ditawarkan di cafe ini antara lain:
  • Nasi goreng spesial
  • Spaghetti
  • Baked macaroni
  • Fusilli carbonara
  • Fish and Chip
  • Cinnamon milk
  • Strawberry yogurt
  • Silky Pudding
  • PK lasagna
  • Avocado coffee milk, dan
  • Masih banyak menu-menu enak lainnya

4. Kedai Susu lactose di Mojolangu

Kedai Susu lactose di Mojolangu Malang

Tidak jauh dari Kampung Budaya Polowijen di kecamatan Blimbing, terdapat sebuah kedai susu bernama Lactose. Tempat ini sangat terkenal, tidak hanya karena menawarkan tempat yang asik buat nongkrong, tapi juga menawarkan harga yang murah. Berbagai menu makanan maupun minuman yang mereka sediakan punya rasa yang benar-benar enak.

Di sini, selain bisa menikmati aneka olahan susu, kamu juga bisa menikmati berbagai menu makanan seperti mie bakar dengan keju yang lumer, soup mie, tersedia juga cemilan seperti kentang goreng (french-fries), dan lain-lain.

Kedai Susu Lactose Malang merupakan salah satu tempat nongkrong di Malang yang sangat terkenal. Hingga tidak mengherankan apabila saban hari tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh anak-anak muda di sekitarnya ataupun para wisatawan yang kebetulan sedang liburan ke sini.

5. Milk Story di Kota Wisata Batu

Tempat Nongkrong di Malang Milk Story di Kota Wisata Batu

Kalau kamu kebetulan pergi berwisata ke daerah Batu, entah itu untuk mengunjungi objek wisata terpadu seperti Jatim Park atau objek wisata lainnya, termasuk BNS dan Museum Angkut, jangan lewatkan nongkrong untuk menikmati aneka olahan susu di cafe Milk Story yang berada di Jalan Panglima Sudirman.

Di sini, tersedia aneka rupa olahan susu dan yoghurt. Setibanya di sini, kamu bisa langsung memesan minuman segar favoritmu, entah itu susu coklat, susu rasa vanila/strawberry/blueberry, atau rupa-rupa menu yogurt yang cita rasanya pasti segar dan sehat karena disajikan tanpa pengawet, pemanis buatan, serta berbahan dasar susu asli yang masih segar.

Selain di kota Batu, sebenarnya Milk Story juga bisa kita temukan di kota Malang, tepatnya di Jl Citandui. Walau demikian, Milk Story yang ada di kota Batu adalah yang paling populer karena menawarkan tempat yang enak untuk nongkrong di samping menunya yang lengkap.

6. Rumah Susu Ganesha Malang

Kuliner Malang Rumah Susu Ganesha

Susu adalah sumber vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan. Seperti yang telah diungkapkan di atas, di dalamnya terkandung protein, calcium, vitamin D, riboflavin, kalium, hingga fosfor. Minum susu setiap hari sangat direkomendasikan untuk menjaga atau memelihara kesehatan.

Fakta tersebut membuat minum susu bisa jadi opsi terbaik dalam menjaga stamina dan kesehatan selama berwisata. Apalagi, pergi jalan-jalan pasti membutuhkan tenaga yang tidak sedikit. Apalagi jika destinasi wisata yang kamu datangi sangat banyak.

Ngomongin soal tempat menikmati susu segar sekaligus tempat nongkrong di Malang yang bisa memberikan tambahan energi sekaligus nutrisi, Rumah Susu Ganesha yang ada di Kota Wisata Batu, tempatnya di Komplek GOR Ganesa Jl. Kartini No.1, Sisir, adalah salah satu yang kami rekomendasikan.

Tempat minum susu yang sudah ada sejak tahun 1986 ini menyediakan aneka rupa susu segar yang berkualitas dan berasal dari berbagai peternak sapi di Kota Batu.

Nongkrong di sini sambil menikmati aneka susu hangat maupun dingin bisa menjadi opsi terbaik untuk melepas lelah dan dahaga sebelum meneruskan perjalanan ke destinasi wisata di Kota Batu.

Tidak hanya menawarkan menu makanan atau pilihan minuman yang sangat lengkap, Rumah Susu Ganesha Batu Malang juga menawarkan harga yang relatif terjangkau. Di sini, harga minuman ditawarkan mulai dari Rp 5K. Beberapa contoh menu yang tersedia diantaranya adalah: susu jahe, susu murni, susu madu, susu telur atau STMJ, dan berbagai pilihan yogurt dengan rasa aneka buah.

7. Cafe KOP SAE Pujon

Wisata Malang Cafe KOP SAE Pujon

Kop SAE adalah akronim dari Koperasi Sinau Andandani Ekonomi yang ada di wilayah Pujon, Kabupaten Malang. Koperasi ini sudah ada sejak tahun 1962. Pada awal berdirinya, koperasi ini,hanya beranggotakan 22 orang dengan jumlah ternak sapi sekitar 35 ekor. Seiring dengan waktu, koperasi ini berkembang hingga kini sudah memiliki sekitar 8000 anggota dan menghasilkan susu sapi dengan rata-rata 80 ton per hari.

Tidak hanya mengandalkan penjualan ke pabrik-pabrik, koperasi yang dikenal dengan sebutan KOP SAE ini juga membuka kedai atau Cafe susu sebagai bentuk inovasi dalam mengikuti persaingan dan perkembangan zaman.

Kota Pujon dikenal sebagai salah satu tempat dimana kita bisa menikmati pemandangan alam yang indah saat berwisata ke Malang. Disela-sela menikmati kunjungan wisata, sempatkan diri untuk mampir menikmati berbagai olahan susu sapi segar yang murni, es krim, es susu, berbagai makanan ringan, hingga yogurt di Kop Sae Pujon.

8. PSKOMBI Kedai Susu di Lowokwaru

PSKOMBI Kedai Susu Malang

Selain WARSU (Warung Susu) di Lowokwaru, terdapat juga kedai susu yang saban hari selalu ramai dikunjungi oleh para pembeli yaitu, PSKombi Kedai Susu yang dapat kamu temukan di Mojolangu, Lowokwaru, Malang.

Lokasi kedai ini dekat dari Universitas Widyagama Malang dan tidak jauh dari masjid Sabilillah atau Carrefour serta Stasiun Blimbing.

Sesuai dengan namanya, kedai susu ini berjualan menggunakan gerobak tak biasa, yaitu sebuah VW Combi yang disulap menjadi sebuah kedai unik. Di sini, kamu bisa memesan berbagai olahan susu segar yang pasti nikmat.

Itulah beberapa tempat kuliner di Malang yang terkenal cocok dijadikan sebagai tempat kongkow dan menawarkan berbagai olahan susu, yogurt, serta menu makanan yang enak-enak.

Comments

Popular posts from this blog

6 Alasan Mengapa Bali Begitu Menakjubkan

5 Hotel Murah di Bali dengan Pemandangan Langsung ke Arah Laut

David Hidayat Konservasi Laut di Pesisir Selatan